5 Hal yang Harus Anda Lakukan saat Kerja Praktek

Semester ini akan segera berakhir. Bagi Anda mahasiswa tahun ketiga, bisa jadi ini menandakan satu hal. Waktunya Kerja Praktek (KP). KP atau biasa disebut Kapita Selekta / Praktek Kerja Lapangan sendiri adalah satu satu media yang biasa dilakukan oleh perguruan tinggi untuk memberikan kesempatan para mahasiswanya merasakan langsung praktek keilmuan mereka di dunia kerja. Berbeda dengan KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang biasanya dilakukan di desa-desa dan beramai-ramai oleh mahasiswa lintas jurusan, KP biasanya dilakukan dengan magang pada posisi tertentu di perusahaan-perusahaan. Selain bertujuan memberikan pengalaman dunia kerja, KP biasanya dijadikan sarana untuk mengetahui keterkaitan antara ilmu yang dipelajari di bangku kuliah dan implementasinya di dunia kerja. Karena fungsi KP ini sendiri cukup penting, ada beberapa hal yang kayaknya penting banget Anda lakukan saat KP. Apa aja ? Langsung aja deh dicek di TKP.

Ya pokoknya jangan sampe kayak gini lah

  1. Belajar Profesionalime Kerja

Ini hal yang paling utama. Saat KP, Anda akan diminta untuk belajar menjadi seorang karyawan, seorang profesional, dan membiasakan diri bersikap selayaknya seorang profesional dalam dunia kerja. Apa itu professional ? Simpelnya, professional adalah melakukan sesuatu pada tempatnya, dan mengutamakan kepentingan perusahaan / hubungan kerja daripada kepentingan pribadi. Jadi ga ada lagi yang namanya telat masuk kantor, telat ngumpulin tugas, telat datang meeting, ga bisa nyelesaiin tugas dari atasan karena belum pernah diajarin waktu kuliah, atau datang ke kantor dengan pakaian yang kucel dan ga rapi. Tinggalkan segala kebiasaan buruk saat kuliah itu saat di dunia kerja. Dalam dunia professional, kepercayaan adalah hal yang terpenting, dan kepercayaan terhadap Anda dapat dengan sangat mudah dilihat dari berbagai aspek, termasuk dari hal-hal sederhana yang menurut Anda sepele.

  1. Belajar Dewasa

Saat memilih perusahaan tempat KP, cukup banyak mahasiswa yang memilih perusahaan yang berlokasi di luar kota tempat ia kuliah. Salah satu pertimbangannya adalah cari pengalaman dan lingkungan baru, selain kesempatan jalan-jalan tentunya. Sebenernya ga ada yang salah tentang hal ini, justru memilih perusahaan tempat KP di luar tempat kuliah bisa memberikan Anda pengalaman baru akan arti kedewasaan dan kemandirian. Bagaimana menentukan lokasi tempat tinggal yang strategis, mengatur jam berapa berangkat dan naik apa ke kantor, mengatur keuangan sehari-hari, hingga menyelesaikan sendiri urusan rumah tangga yang terkesan sepele seperti mencuci baju. Dunia kerja adalah dunia kemandirian. Diharapkan ketika memasuki dunia kerja, Anda “sudah selesai” dengan urusan-urusan pribadi dan dapat benar-benar fokus akan tanggung jawab pekerjaan itu sendiri, dan melalui hal-hal ini Anda dapat berlatih untuk terbiasa hidup mandiri.

  1. Belajar Implementasi Ilmu Perkuliahan di Dunia Kerja

Pernah kepikiran ga sih kenapa kita harus capek-capek ngerjain tugas yang seabrek dari dosen ? Begadang sampe mata marah cuma buat ngumpuin tugas tepat waktu dan berbagai penderitaan khas mahasiswa lainnya. Nah ini semua itu akan terjawab saat Anda KP. Apa aja implementasinya, kenapa kita mempelajari itu, apa manfaat bagi kita ke depannya, bisa Anda amati selama proses pelaksanaan KP. Dengan mengetahui implementasi materi perkuliahan di dunia kerja, kita bisa mengetahui apa potensi diri kita dan apa kemampuan yang perlu diperdalam sebagai bekal pasca kampus nantinya.

  1. Belajar Membangun Jejaring

Dalam dunia yang benar-benar kompetitif sekarang ini, jaringan dan relasi mutlak menjadi atribut pendukung bagi seseorang dalam mencapai kesuksesan. Saat Anda KP, Anda akan berkenalan dengan lingkungan professional untuk pertama kalinya. Jangan sia-siakan kesempatan ini dan mulailah membangun nama baik. Selain didapat dari kinerja yang baik, nama baik dapat dikembangkan dengan kemampuan membangun jejaring yang mumpuni. Mulailah membangun jejaring dari orang-orang terdekat, mulai dari rekan di kantor, teman-teman satu angkatan magang lintas universitas di kantor, hingga atasan atau supervisor magang di kantor. Ga cuma bermanfaat secara kasat mata, dari sudut pandang agama pun, menjalin tali silaturahim dapat menambah umur dan rejeki. Jadi memang sama sekali ga ada salahnya. J

  1. Belajar Mengetahui Prospek Karir

Hampir mirip sama poin ketiga. Selain bisa tau apa implementasi materi perkuliahan di dunia kerja, saat KP Anda juga bisa mengetahui prospek pekerjaan yang dapat Anda pilih nantinya saat pasca kampus. Apa saja pilihannya, apa plus minus nya, bagaimana jenjang karirnya bisa Anda ketahui. Maka dari itu jangan cuma jadi anak magang yang antisosial, yang datang ke kantor, duduk, ngerjain tugas, istirahat, ngerjain tugas lagi, terus pulang on time. Bangunlah kedekatan dengan rekan sekantor, seringlah berdiskusi dan bertanya. Diharapkan dari sana kita bisa memahami apa yang dunia kerja butuhkan dari keilmuan yang tengah Anda pelajari, didukung dengan pemahaman implementasi ilmu perkuliahan di dunia kerja, potensi dan skill yang dapat diperdalam untuk pasca kampus, sehingga sebelum lulus pun Anda sudah dapat merencanakan prospek karir yang paling sesuai bagi diri Anda.

Punya pendapat lain soal hal-hal yang perlu dilakukan saat KP ? Silakan ditambahkan di kolom komentar 🙂

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s